Penyebab Motor Los Kompresi dan Cara Mengtasinya
Penyebab Motor Los Kompresi dan Cara Mengtasinya
Berawal dari pengalaman saya yang sempat mengalami motor tiba tiba mati saat saya akan pergi ke undangan pernikahan. Perjalanan cukup jauh juga dari Banjar Patroman ke Tasikmalaya ya kira-kira 1,5 jam lah. Sebelum berangkat saya isi penuh dulu bahan bakarnya, buat jaga jaga aja biar ga usah ngisi lagi nanti pas pulangnya. Setelah di isi penuh berangkatlah saya ke Tasikmalaya, namun perjalanan tidak begitu mulus ditengah perjalanan tepatnya daerah Cikoneng Ciamis motor x ride saya tiba-tiba brebet pas di gas dan lama kelamaan semakin hilang tenaganya. Berharap sampai ke tujuan dulu baru di benerin dipikiran saya, tapi sebelum sampai di tujuan x ride saya mati total dah. Di selah berapa puluh kali tetep ga mau nyala. Akhirnya saya dorong ke bengkel terdekat. Setelah di cek ternyata motor x ride saya mengalami los kompresi. Lantas apa sih yang menyebabkan motor los kompresi? dan bagaimana cara mengatasinya? Pertanyaan ini akan saya jawab pada pembahasan di bawah ini.
Apa itu Los Kompresi?
Sebelum saya membahas penyebab los kompresi dan cara mengatasinya, terlebih dahulu harus paham apa yang di maksud dengan los kompresi. Los kompresi adalah Pada saat motor di kick stater atau stater manual tidak ada tenaganya sama sekali alias ngelos dan ketika di stater biasa susah sekali untuk menyala.
Memang kejadian los kompresi atau kehilangan kompresi bisa terjadi kapan saja. Saat motor dalam keadaan berjalan atau saat akan dipanaskan pun bisa terjadi. Ini disebabkan karena kerak karbon sisa pembakaran yang mengganjal di bagian valve. Jika valve tidak tertutup sempurna maka akan terjadi kebocoran kompresi. Ini yang disebut dengan los kompresi atau kehilangan kompresi.
Tips Mengetahui Motor Los Kompresi
Satu satunya cara yang paling efektif dan akurat dalam mengetahui hilang atau tidaknya kompresi mesin adalah dengan menggunakan compression tester.
Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Los Kompresi
Hilangnya kompresi didalam ruang bakar akan mengakibatkan beberapa hal dibawah ini.- Tenaga mesin menjadi loyo atau tidak bertenaga
- Timbulnya bunyi bunyi knocking didalam mesin yang mengganggu.
- Kondisi paling parah adalah mesin menjadi pinjang karena salah satu pistonnya tidak bekerja dengan baik akibat hilangnya kompresi.
Penyebab Motor Los Kompresi
Setelah anda mengetahui apa itu los kompresi, tiba saatnya saya jelaskan beberapa penyebab terjadinya los kompresi. Ada beberapa penyebab umum kenapa motor bisa los kompresi. diantarnya :- Pertama kompresi bocor karena klepnya atau bisa juga karena packingnya yang bocor.
- Kedua disebabkan oleh lengketnya komponen ring piston. Hal ini biasa disebabkan oleh keringnya komponen ini ( tidak mendapat pelumasan ) atau bisa juga dikarenakan ring piston lengket karena oli pada celah celah ring mengeras dan menjadi seperti gel.
- Ketiga disebabkan karena katup baik intake maupun exaust valve tidak tertutup secara sempurna yang dikarenakan menumpuknya kotoran karbon dari hasil pembakaran yang tidak sempurna sehingga katup ini terganjal dan tidak menutup secara presisi pada dudukan atau sitting klep nya.
Cara Mengatasi Motor Los Kompresi
Berikut ini saya sampaikan cara mengatasi motor los kompresi yang hasilnya lumayan ampuh dan sangat mudah dilakukan oleh orang sekalipun. diantaranya adalah :- Hanya dengan 3 sendok makan oli baru yang dimasukan ke dalam ruang bakar lewat lubang busi bisa menghilangkan penyakit los kompresi. Cukup sediakan kunci busi atau kunci 18 untuk membuka businya. Kemudian sediakan oli seadanya. Jika busi sudah kebuka, teteskan oli ke dalam lubang busi yang ada di blok motor anda, teteskan secukupnya jangan banyak-banyak. Lalu selah/stater dengan menutup lubang busi tadi dengan jari, nanti kompresinya balik sendiri. Lakukan minimal lima kali selahan, atau seperlunya saja. Setelah dirasa tenaga/kompresinya sudah balik (ditandai dengan beratnya selahan) pasang kembali busi pada tempatnya. Kemudian stater motor seperti biasanya, hasilnya motor ngebul asapnya banyak. Tidak usah kaget itu karena oli yang kita tuangkan tadi, kalau di gas terus pasti olinya habis dan motor siap untuk diajak jalan-jalan kembali.
- Cara Kedua sangat manual sekali yaitu Masukan Gigi > Dorong > Lepas Kopling. biasanya di pakai saat motor yang berkopling manual atau motor laki. Nah ini pertama yang harus di lakukan adalah masukan gigi ke gigi 2 atau 3 sehabis itu tekan koplingnya dan dorong lalu lepas koplingnya. Nyala kembali deh.
Post a Comment